Cara Menjadi Penulis Artikel SEO Profesional


Cara Menjadi Penulis Artikel SEO Profesional
Menjadi seorang penulis artikel itu tidak semudah yang dipikirkan. Ada banyak alasan dan faktor bahwa tulisan yang dibuat tidak selalu SEO friendly. Apalagi SEO itu sendiri merupakan optimasi sesuai dengan algoritma dari Google. Ada beberapa cara menjadi penulis artikel SEO yang dapat Anda coba terutama jika Anda hendak menjadi penulis profesional.

Pengertian SEO

 Sebelum menulis mengenai artikel SEO, maka Anda harus tahu lebih dahulu apa itu SEO. Search engine e optimization merupakan cara untuk mengoptimalkan halaman website di mesin pencarian dengan cara tertentu. Teknik ini tidak selamanya berlaku karena ada algoritma mesin pencari yang harus dipertimbangkan. Jadi, bisa saja teknik untuk hari ini tidak akan sama dengan cara optimasi untuk SEO 2 hari kedepan.
Apakah SEO tersebut penting? Penting jika Anda hendak mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi dan untuk keperluan tertentu. Namun tidak penting jika Anda hanya akan menggunakan halaman website Anda sebagai buku diary yang bahkan tidak menginginkan orang lain mengetahuinya.
Cara Menulis Artikel SEO

 Artikel atau konten menjadi salah satu cara optimasi SEO on page. Namun, ada peraturan tersendiri agar kualitas konten tersebut tetap terjaga. Jika konten memiliki kualitas yang baik maka google akan mengindex konten Anda. sehingga ketika ada orang lain yang memasukkan kata kunci ke kolom pencarian, mesin pencari akan mengindeks mana yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Kemudian akan ditampilkan di halaman pencarian.
Cara menjadi penulis artikel SEO dan cara untuk menulis artikelnya adalah sebagai berikut.
1.      Ketahui Karakter Pembaca
Sesuaikan isi artikel Anda dengan target pembaca Anda. Jangan dikira website Anda bukan merupakan website bisnis sehingga tidak ada target pembaca. Nyatanya, penulisan yang sesuai dengan target pembaca akan meningkatkan jumlah visitor dan tentunya kualitas konten Anda juga semakin baik.
Misalnya, Anda menargetkan untuk pembaca berusia 17-20 tahun, namun Anda menggunakan kata dan istilah dengan kalimat yang susah dipahami. Akibatnya, pengunjung yang membaca artikel Anda tidak mengerti dan kemudian segera menutupnya. Alhasil, Google akan melihat jika artikel pada website Anda tidak sesuai dengan apa yang dicari dan bisa saja Google tidak akan menampilkan konten tersebut.
2.      Menentukan Keyword
Sebelum Anda menentukan keyword yang akan digunakan untuk artikel, maka Anda harus mengetahui topik apa yang akan Anda angkat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mencari keyword dengan topik yang Anda inginkan.
Untuk menentukan kata kunci tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Pertimbangan tersebut adalah:
Volume pencarian kata kunci yang cukup tinggi. Anda bisa menggunakan tools seperti ubersuggest untuk mendapatkan kata kunci yang tepat.
Ketahui apakah mencukur sumber dan datanya sehingga Anda tidak menulis sesuai dengan opini Anda saja namun juga berdasarkan pada fakta dan sumber. Anda tetap bisa membuat sesuai dengan kata-kata Anda sendiri dengan catatan terdapat bukti. Misalnya hasil analisa yang Anda lakukan.
3.      Keyword Secukupnya Saja
Keyword yang dipergunakan juga secukupnya saja. Jika terlalu banyak justru akan dianggap sebagai spam dan artikel kurang berkualitas. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan keyword turunan dari keyword kunci yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda tidak hanya menyasar pada 1 keyword saja namun juga keyword yang lainya. Hasilnya, google akan lebih memeprtimbamgkan artikel tersebut.
4.      Artikel Menjawab Pertanyaan
Maksudnya dari artikel yang Anda buat nanti apakah menjawab apa yang ditanyakan oleh pengguna internet atau tidak. Misalnya, user menanyakan bagaimana cara menjadi penulis artikel SEO. Maka di artikel Anda kira-kira apakah artikel tersebut menjawab pertanyaan tersebut atau tidak.
Anda tidak perlu menggunakan tools untuk mengetahui hal ini. Namun, posisikan diri Anda sebagai user dan keinginan Anda mengenai jawaban yang Anda inginkan lewat kata kunci yang dimasukkan. Dengan begitu, Anda akan bisa menjadi seorang penulis artikel yang sekiranya menjawab pertanyaan dari pengguna internet tersebut.
5.      Layak Baca
Artikel SEO yang baik tidak harus menggunakan kata atau istilah yang rumit, melainkan layak baca atau enak tidak untuk dibaca. Karena hal tersebut, tidak hanya penulis yang harus teliti namun juga editor yang berfungsi untuk mengoreksi artikel tersebut.
Jika Anda bekerja sendiri, Anda bisa membaca kembali artikel yang sudah Anda buat apakah sesuai dengan keyword atau tidak. Selain itu, apakah kata-katanya sesuai dan saling berkaitan atau tidak. Anda tidak bisa hanya mengejar jumlah kata yang harus dipenuhi. Misalnya  minimal 600 kata untuk artikel dengan Yoast SEO. Selain itu, Anda bisa meminta bantuan ke teman Anda untuk menilai apakah artikel tersebut sudah bagus atau belum.
6.      Memanfaatkan Link
Link yang dimaksud tidak hanya link internal namun juga link eksternal. Link tersebut dapat bermanfaat untuk memaksimalkan optimasi SEO. Namun, jika Anda baru belajar, Anda bisa menggunakan link internal terlebih dahulu. Sambungkan link dengan konten yang memiliki niche atau topic yang sama. Selain itu, untuk link eksternal, Anda bisa mencoba untuk bertukar link dengan teman Anda.
Penggunaan link internal ini tidak hanya akan memperkuat optimasi SEO namun juga memungkinkan pengunjung website Anda melakukan pencarian ke konten Anda selama jadi penulis artikel yang lain. Dengan begitu, lewat artikel yang satu, pengunjung Anda bisa membaca artikel yang lainnya.
7.      Tingkatkan Kualitas
Dibandingkan artikel Non SEO, artikel SEO tentu memiliki tantangan tersendiri. Ada ketentuan yang harus diperhatikan agar konten tersebut terindeks oleh mesin pencari.
Untuk meningkatkan kualitas tersebut, Anda bisa mencoba untuk menggunakan lebih dari 3 sumber atau referensi. Kemudian Anda bisa merangkumnya dan menuliskannya di artikel Anda. Jika masih belum mengerti, perbanyak membaca artikel dengan topic yang sama. Dengan begitu, Anda akan semakin lama semakin mengerti cara menulis dan apa yang harus dituliskan.
8.      Cek PUEBI dan Typo
Cara menjadi seorang penulis artikel SEO tidak semata-mata jenis artikel yang memiliki keyword. Namun, artikel SEO juga harus mempertimbangkan mengenai PUEBI. Tata bahasa dan ejaan tersebut akan membantu artikel lebih enak untuk dibaca dan terlihat profesional.
Bayangkan jika artikel tersebut menggunakan bahasa gaul dan ternyata dibaca oleh orang yang paham dengan apa yang Anda tuliskan. Artikel Anda tersebut akan dianggap main-main dan Anda sendiri akan dianggap kurang profesional.
Karena hal tersebut, untuk tahu bagaimana tata bahasanya, Anda harus mempelajari mengenai mengenai PUEBI. Sedangkan untuk typo, Anda bisa menggunakan tools. Jika tidak ingin menggunakan tools, maka Anda harus membaca ulang untuk tahu bagian mana yang salah penulisannya.
Jadi, menulis artikel itu memang tidak semudah yang dipikirkan oleh orang lain. Bahkan jika salah dalam menulis terutama informasi akan menjerumuskan orang lain yang membaca. Karena itu untuk membuat artikel SEO friendly, Anda tentu harus memperhatikan mengenai detail komponen dari SEO dan juga estetika penulisannya.
Jika Anda ingin menekuni atau bisa menulis SEO yang baik, maka Anda bisa terus berlatih cara menjadi penulis artikel SEO. Jadi, jangan ragu untuk berlatih mulai dari sekarang. 

19 komentar untuk "Cara Menjadi Penulis Artikel SEO Profesional"

  1. Mantap gan. Recomended

    BalasHapus
  2. Ejaan yang benar itu emang penting. Krbanyakan blogger suka menulis asal. Suka sedih. Kadang bedain di yang ditulis sambung dan pisah aja masih gak bener. Menarik artikelnya. Salam kenal.

    BalasHapus
  3. Nah yg standard SEO yg agak bimgung..

    BalasHapus
  4. Nice info gan, mulai sekarang saya akan berlatih terus agar pembaca bisa betah di blog saya.

    BalasHapus
  5. Metode yang digunakan oleh para guru-guru sekarang, menghadapi wabah yang menyebabkan wfh. Hehe.. walaupun ada kekurangannya sih karena tidak adanya waktu untuk proses penyelesaian tertentu. Misal untuk satu soal diberikan waktu 3mnt. Jadi siswanya engga sempet buka google, hihi..

    BalasHapus
  6. Mantap gan, bisa diaplikasikan nih...

    BalasHapus
  7. Cek typo ini gampang2 susah, perasaan udah menulis dengan bener, tapi setelah dipublish baca ulang masih ada aja yang kelewat :) makasih sdh diingatkan kak

    BalasHapus
  8. Mantap gan sering sering buat artikel seperti ini saya suka membacanya

    BalasHapus
  9. Membantu sekali gan untuk saya yang belum begitu mengenal tentang tahap-tahap menulis artikel seo seperti yang dikatakan mastah, namun sekarang sudah ada sedikit gambaran.

    Semoga blog saya juga bisa sukses. Aamiin...

    BalasHapus
  10. Saya dulu pernah berusaha menulis artikel seo, repot sih iya. Sekarang udah gak mikirin seo sih, tapi tetap bikin artikel yang layak baca dan tentunya informatif. Kadang juga diselingi artikel receh macam curhat wkwk

    Oiya dulu sempat makek ubersuggest untuk nyari keyword. Nah itu apa ya kak maksud dari keyword turunan? Beda dengan keyword kunci itu gimana? Maklum masih belajaršŸ˜…

    BalasHapus
  11. Saya pernah membuat artikel yang asal-asalan tidak mengikuti struktur search engine dan alhasil tidak dapat terindeks olehnya.

    Informasi ini menarik untuk menambah wawasan tentang SEO

    BalasHapus
  12. Memang menulis artikel itu memang tidak semudah yang dipikirkan oleh orang lain. apalagi menulis artikel SEO. si penulis sendiri harus mengerti kaidah PUEBI dan banyak membaca untuk menambah referensi atas tulisan yang akan dibuat.
    Terimakasih infonya gan, mantappp

    BalasHapus
  13. bermanfaat!!! bisa buat referensi kalo nulis artikel nih. Makasih sharingnya

    BalasHapus
  14. Kalo di wordpress mungkin lebih enak ya karena ada tools buat seo, jadi lebih mudah buat artikelnya.

    BalasHapus
  15. Mantap gan artikelnya sering - sering bikin artikel tentang SEO, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Menulis artikel seo memang sangat sulit, tetapi bukan merupakan hal yang tidak mungkin.
    Harus paham beneran tentang Algo Goole dan tetunya harus paham EYD

    BalasHapus
  17. Nah klo saya sering banget dah yang namanya typo,, kaya udah mendarah daging gitu deh..
    Ada yg bisa therapy anti typo gak sih? Hehehehe (_tio)

    BalasHapus
  18. Mantab gan, pada dasarnya sebenarnua udah tahu. Cuma kadang malas mau praktek

    BalasHapus

Posting Komentar

Berlangganan via Email